Ads

Kamis, 26 Februari 2009

Kumpulan Kata dan Asal-usulnya yang Unik




Etimologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal-usul suatu kata. Misalkan kata etimologi sebenarnya diambil dari bahasa Belanda etymologie yang berakar dari bahasa Yunani; étymos (arti sebenarnya adalah sebuah kata) dan lògos (ilmu). Pendeknya, kata etimologi itu sendiri datang dari bahasa Yunani ήτυμος (étymos, arti kata) dan λόγος (lógos, ilmu).


Kata di dalam sebuah bahasa ada yang terbentuk dari tiruan bunyi, gabungan dari beberapa kata yang membentuk makna baru, pemahaman akan sesuatu yang kemudian dilambangkan dengan bunyi, atau diambil dari bahasa lain, namun dalam bentuk yang kemudian mengalami perubahan dan berbeda dari asalnya. Kata tersebut mungkin disebarkan bersamaan dengan penyebaran ilmu pengetahuan (agama, iptek, dll), perdagangan, penjajahan atau migrasi penduduk. Sebuah kata kemudian diserap oleh penduduk setempat atau sebaliknya bahasa penduduk lokal diserap oleh pendatang dan seringkali disesuaikan dengan lidah atau pengucapan sendiri. Bisa juga terjadi kesalahmengertian atau salah penggunaan sehingga makna kata atau fungsi kata berubah dari aslinya.


Sebagai penambah pengetahuan kita, berikut ini dikumpulkan beberapa kata dengan asal-usulnya yang unik dan menarik untuk diketahui.





A


akademi : dari b.Latin academia, dari b.Yunani akademeia artinya hutan kecil dari Akademos dalam sebuah dongeng Yunani tentang perang Trojan (juga bermakna “suatu daerah yang sunyi”), yang berjarak sekitar enam stadia (1 stadia = 185 meter) dari Atena, ibukota Yunani di mana diceritakan di situlah Plato mengajar di sekolahnya.

aerobik : jenis olah raga senam, dari b.Francis (diciptakan oleh Louis Pasteur) aérobie artinya hidup hanya dengan oksigen yang ada, b.Yunani aero "air" + bios "hidup".

alligator : jenis buaya khas Amerika, dari b.Spanyol El Lagarto de Indias artinya kadal dari India.

amatir : bukan profesional atau tidak dibayar, dari b.Francis tua amateur artinya pencinta. B.Latin amare artinya mengasihi. B.Inggris amateur artinya pecinta setiap aktivitasnya.

aladin : nama seorang pahlawan di dalam kisah-kisah dari cerita 1001 Malam, dari b.Arab Ala’ ad-Din artinya agama atau iman kebangsawanan.

alamak : seruan kaget karena heran atau kecewa. Dari b.Melayu dari “ah, emak” artinya “ah, ibu”.

alarm : alat peringatan bahaya, dari b.Itali all'arme artinya "angkat senjata!" (makna aslinya hidupkan senjata dengan tangan) – perhatikan juga b.Inggris army artinya pasukan bersenjata. Kemudian artinya meluas menjadi peringatan akan bahaya.

alas : setan alas, ungkapan kesialan. Dari b.Francis tua ha, las (kemudian berkembang menjadi hélas), dari ha "ah" + las "sial" atau ah, sial. Semula las dari b.Latin lassus artinya "melelahkan".

album : kumpulan lagu atau foto. Dari b.Latin albus artinya putih. Di masa lalu bermakna suatu tabung kosong yang di atasnya tertulis atau terukir surat perintah dan hal-hal untuk masyarakat umum lainnya.

alkohol : bahan kimia, b.Arab Al-kuhul artinya celak (bahan untuk mata) dari Kahala artinya cat.

almamater : kampus, tempat sekolah. Dari b.Latin alma mater artinya ibu yang bertambah besar (gemuk).

almanak : kalender, penanggalan. Dari b.Arab al-manak artinya buku harian, b.Anglo Saxon al-mon-aght artinya semua bulan diperhatikan, yang merupakan catatan dari bulan baru dan purnama.

alfabet : kumpulan huruf. Dari b.Latin alphabetum dan dari b.Yunani alphabetos dari alfa + beta, dua huruf pertama dalam kumpulan huruf, dari b.Heb-Phoen aleph, bentukan dari eleph artinya lembu jantan + beth artinya rumah. B.Arab Alif dan Ba, huruf pertama dan kedua.

amuk : marah, mengamuk. Unsur B.Melayu yang dimasukkan ke dalam kosa kata b.Inggris amok artinya menyerang dengan kemarahan. Sebelumnya dipergunakan dalam b.Portugal amouco atau amuco. Didefiniskan : Ada beberapa orang Jawa yang keluar ke jalan-jalan dan membunuh banyak orang yang ditemuinya, ini disebut Amuco (Buku karangan Duarte Barbosa berjudul An Account of the Countries Bordering on the Indian Ocean and Their Inhabitants," 1516, translasi b.Inggris)

amoy : panggilan anak gadis orang Cina. Sebenarnya adalah nama lama dari kepulauan di sebelah selatan Cina, sekarang dikenal sebagai Xiamen.

anekdot : kisah-kisah lucu pernuh sindiran. Dari b.Yunani anekdota artinya berbagai hal yang tidak diterbitkan, bentuk dari anekdotos, an artinya tidak + ekdotos artinya yang diterbitkan. Cerita skandal kaum bangsawan yang tidak boleh diketahui umum.

assassin : pembunuh. Dari b.Arab Hashishiyyin artinya pemakai hasis (jenis narkotika). Sebuah sekte fanatik bernama Ismaili (dari suku Badui Arab) melakukan penyerbuan di bawah pimpinan “Orang tua dari pegunungan”, yakni Shaik Al-Jibal atau Hasan Abu Al-Sabbah, dengan reputasinya membunuh para pemimpin musuh setelah memabukkan diri dengan hasis.

atlas : peta dunia. Berasal dari nama merek dagang sebuah peta dunia yang diterbitkan di masa lampau yang bergambar Dewa Atlas (Legenda Yunani) seorang dewa yang memangku dunia. Oleh kita disalahartikan sebagai terjemahan kata map (b.Inggris) atau peta.

avatar : arti modern adalah ikon sebagai pengganti identitas di dunia maya (internet). Dari b.Sansekerta avatarana artinya pendaratan (dari semacam dewa yang turun dan mewujud ke bumi), berasal dari ava artinya turun + tarati artinya (dia) melintas. Berarti juga orang suci.



B


bakso : Daging halus berbentul bola yang direbus. Dari b.Cina bak artinya babi + so bola daging. Walaupun sekarang berbahan daging sapi, tetap disebut bakso.

baliho : papan reklame, billboard. 1. Dari b.Inggris ballyhoo artinya publisitas yang dilebih-lebihkan. Mungkin diambil dari nama sebuah desa di Irlandia bernama Ballyhooly di County Cork. 2. Dari b.Spanyol balahu artinya layar.

bandana : kain penutup kepala yang diikatkan. 1. Dari b.India bandhnu artinya sebuah metode pencelupan kain. 2. Dari b.Sansekerta badhnati artinya mengikat (karena kain diikatkan di kepala), dari akar kata yang sama dalam b.Inggris band artinya pita. Berkembang menjadi bando, hiasan penjempit rambur untuk anak wanita.

bangkrut : pailit, merugi. Dari b.Itali banca rotta berasal dari banca artinya toko lintah darat arti aslinya bangku (lihat kata bank) + rotta artinya yang rusak, berasal dari b.Latin rupta artinya merusak.

bangku : tempat duduk. Dari B.Itali banca.

bay-bay : ucapan selamat jalan. Dari b.Inggris godbye kemudian menjadi bye-bye. Bentuk pertamanya adalah godbwye dari God be with ye (you).

bazooka : alat peluncur roket berbentuk pipa. Dari b.Belanda bazuin artinya terompet yang artinya meluas menjadi bazoo, istilah slang untuk mulut atau pembicaraan membual.

becak : alat transportasi tanpa mesin beroda tiga. Kemungkinan dari b.Jawa Timuran (Madura) bea artinya ongkos + cak panggilan kepada orang laki-laki. Diucapkan pada saat meminta ongkos jasa omprengan kepada penumpangnya.

beri-beri : penyakit yang melumpuhkan banyak orang di India. Dari b.Sinhala (India) beri artinya kelemahan.

bermuda : Nama kepulauan di Lautan Atlantik dan jenis celana pendek. Dari nama seorang penjelajah Spanyol Juan de Bermudez, yang menemukan kepulauan itu tahun 1515. Celana pendek Bermuda diperkenalkan tahun 1953 (di dalam film "Long Goodbye" oleh Raymond Chandler), dari pakaian yang dikenakan oleh turis AS di kepulauan itu.

bikini : pakaian dalam wanita atau pakaian renang. Dari nama Bikini tempat pengetesan bom oleh AS di kepulaulan karang Marshall Island. Tempat tersebut dalam b.lokal Pikkini berasal dari pik artinya permukaan dan ni artinya kelapa, permukaannya seperti buah kelapa.

biskuit : makanan kecil berbahan roti manis. Dari b.Latin dan Prancis bis artinya dua kali dan cuit artinya yang dibakar, ini menjelaskan bagaimana biskuit pertama kali dibuat, dengan dibakar dua kali.

bisnis : usaha menghasilkan uang, bidang perdagangan. Dari b.Inggris tua bisignisse artinya kepedulian, ketertarikan, berasal dari bisig artinya seksama, bersemangat, sibuk, yang diduduki. B.Inggris business dari kata busy artinya sibuk + akhiran ness.

blus : jenis pakaian wanita. 1. Dari pakaian pekerja untuk laki-laki atau baju luar petani di Perancis. Dari kata blouso artinya pendek berbahan wol. 2. Dari b.Latin pelusia dari sebuah nama kota di atas Mesir, Pellusium di mana terdapat pusat pabrik garmen di abad pertengahan.

bolpoin : alat tulis dengan tinta beku. Dari b.Inggris ballpoint dari ball artinya bola + point artinya titik. Alat tulis yang ditemukan oleh Biro dari Hungaria (1838) disebut demikian karena menggunakan sebuah bola kecil menggelinding diujungnya untuk mengeluarkan tinta. Prinsip yang sama dengan deodorant roll-on.

bonbon : permen, manisan. Dari b.Francis bon artinya baik yang mengalami pengulangan karena pengucapan kanak-kanak.

bra : pakaian dalam wanita, penutup dada. Kependekan dari b.Inggris brassiere artinya kutang.

bos : kepala, pemimpin, manajer. Dari b.Belanda baas artinya tuan, diserap oleh b.Inggris boss.

bulan madu : berlibur untuk merayakan pernikahan. Terjemahan dari b.Inggris honey moon. Istilah ini berasal dari kejadian di Jerman pada abad ke-2 SM. Seseorang bernama Attila Hun minum hydrome atau anggur madu selama sebulan penuh setelah hari pernikahannya. Menurut dugaan dia minum terlalu banyak hingga meninggal dunia.

buldoser : mesin pengeruk. Dari b.Inggris AS bulldose artinya pukulan yang keras, arti sebenarnya dengan dosis (dose) atau takaran yang sesuai untuk banteng. Suatu kata slang selebor yang mengacu pada pukulan dari pemberi suara umum di dalam pemilihan presiden AS. Seorang Bulldozer kemudian bermakna seseorang yang mengintimidasi.

bungalow : rumah tempat peristirahatan. Dari b.Gujarat bangalo, b.Hindi bangla artinya rendah, rumah jerami. Aslinya Bengalese yang dibentuk menjadi elip dari model rumah di Benggala, India.

bus : jenis kendaraan penumpang bermuatan banyak. Dari b.Latin omnibus artinya untuk semua.



C


cina : nama negara atau bangsa berkulit kuning di Asia. Kata ini pertama kali diperkenal oleh Marco Polo, tahun 1555. Dari nama dinasti Qin atau Chin yang berkuasa di Cina sekitar 3 SM. Orang Cina sendiri menyebut negaranya dengan Chung Kuo artinya kerajaan pusat, kemudian menjadi Tionghoa, Tiongkok artinya negara pusat.

cau : salam perpisahan, pergi meninggalkan (slang). Dari b.Inggris di daerah jajahan ciao dari chow artinya selamat tinggal. Berasal dari b.Itali schiavo vosotro artinya hormat kami dari budakmu.

cekcok : ribut, bertengkar mulut. Dari b.Melayu recok artinya banyak mulut, bawel, cerewet, yang kemudian mengalami pengulangan berima.



D


diet : pemilihan makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Dari b.Yunani diaita artinya cara hidup atau b.Yunani diaitan artinya memilih.

donat : kue berbahan roti berlubang di tengah. Dari b.Inggris AS doughnut atau donut. Berasal dari b.Inggris tua dag menjadi doh, lalu dogh. Dikenal juga di Eropa kata dasar dheigh dan dhoigh yang bermakna mengadoni adonan atau tanah liat. Kue donat dilobangi di tengah dengan maksud menghindari bagian itu mentah waktu digoreng.



E


etiket : aturan kesopanan atau adab. Dari b.Prancis etiket dan b.Spanyol etiqueta artinya tata tertib upacara pengadilan. Bagi tamu yang hadir diberikan kartu yang berisi tata tertib sidang itu. Dari sini kemudian berkembang menjadi tiket, b.Inggris ticket artinya kertas kecil tanda masuk ke suatu pertunjukan.



F


fasilitas : yang memungkinkan sesuatu terjadi. Dari b.Prancis faciliter artinya menjadikan mudah dan b.Latin facilitatum dengan arti sama. Berkembang menjadi b.Inggris facilite dengan arti lebih halus, peluang, kondisi yang baik untuk melakukan sesuatu.

fata morgana : peristiwa alam yang memberikan gambaran seperti ada air di tengah panas. 1. Berasal dari “Peri Morgana” dalam cerita strait dari Messina, Italia, dari Morgana. “Morgan le Fay” puisi Anglo Prancis dari saudara raja Arthur berlokasi di Calabria oleh orang asli Normandia. 2. Dari b.Arab marjan artinya mutiara yang berkilau.



G


google : mesin pencari di internet. Dari istilah dalam permainan cricket yang artinya jenis pukulan menangkis bola.

gosip : isu atau rumor. Dari b.Inggris tua godsibb artinya orang tua baptis, dari kata God artinya Tuhan + sibb artinya keluarga. Diperluas kepada setiap orang yang dikenal baik, terutama para teman wanita yang diundang untuk menghadiri acara kelahiran atau pembaptisan. Kemudian lebih jauh kepada siapapun yang mulai terbiasa dalam pembicaraan omong kosong di acara itu. Akhirnya berarti desas-desus atau berita selentingan atau rumor.

gratis : bebas dari biaya, cuma-cuma. Dari b.Latin gratis, berasal dari gratiis artinya untuk terimakasih, karenanya tanpa imbalan jasa atau gratia artinya kebaikan.

guru : pemimpin rohani, pengajar. 1. Dari b.Ketimuran tua gu artinya gelap dan ru artinya cahaya – artinya seseorang yang memberi penerangan dalam kegelapan. 2. Dari b.Sansekerta guru atau gurus artinya serius, sangat serius atau dipuji. Penggunannya untuk pemimpin keagamaan.

gimnastik : jenis olahraga senam. Dari b.Yunani gymnasium artinya ruang olah raga, di mana olahraga atletik dilaksanakan untuk penampilan di depan umum. Para atlet melakukannya dengan bertelanjang, dan dari sini asal-muasal kata b.Yunani gumnos yang artinya telanjang.



H


helo : salam perjumpaan di telepon. Diperkenalkan oleh penemu telepon Alexander Graham Bell dengan kata panggilan ahoy. Berkembang menjadi holla, hollo kemudian hallo. Di Inggris lebih dulu dikenal hullo.

heroin : nama bahan sejenis narkotika. Dari Heroin merek dagang obat pengganti morfin yang diproduksi Friedrich Bayer & Co, diambil dari kata b.Yunani heros artinya pahlawan. Dikarenakan perasaan eforia yang luar biasa setelah menggunakan bahan ini.

hamburger : jenis makanan dari roti dibelah berisi daging. Dari nama hamburg steak, jenis makanan dari kota Hamburg di Jerman. Dibawa oleh imigran Jerman ke AS dan dipendekkan menjadi burger. Akhirnya menjadi akhiran dan kemudian muncul varian lain, yakni beefburger (isi daging sapi), chickenburger (daging ayam), cheesburger (keju) dll. Hamburger sendiri bisa bermakna burger dengan daging babi (ham).

hip hip hura : sorak-sorai kesenangan. B.Inggris hip hip hooray biasa disebut sorak tiga kali. Semula adalah hip hip hurrah, hip artinya pinggul, jadi pada saat mengucapkan hip hip maka pinggul digoyang dua kali dan kali ketiga adalah mengucapkan hurrah sambil melompat.

hobi : kesenangan, kegemaran. Dari b.Inggris hobby yang semula artinya kuda kecil atau kuda poni. Kemudian berkembang menjadi “kuda yang digunakan di dalam tarian rakyat inggris kuno”, lalu “kuda berkendara mainan anak”. Setelah itu maknanya menjadi “hiburan favorit atau kegemaran", mungkin dihubungkan dengan kegemaran bermain dengan kuda.

hot dog : jenis makanan Amerika dengan sosis di antara roti yang dipisah. Istilah ini dipopulerkan oleh kartunis T.A. Morgan. Bermula menyebarnya kecurigaan di tengah masyarakat bahwa sosis-sosis dibuat dari daging anjing. Kemudian dihubungkan – secara tidak jelas – dengan seruan keberhasilan seseorang apabila tampil dengan terampil dan sempurna. Dan seruan itu memang populer di tahun 1906. Bunyi seruan keberhasilan itu adalah Hot dog!

howdy : salam antar para penggemar lagu country. Pertamakali diketahui diucapkan di daerah selatan AS pada 1840, merupakan plesetan how do you do, untuk menanyakan keadaan seseorang. Kemudian berubah menjadi how do ye, lalu howdy.

humor : sifat lucu untuk mencairkan suasana. Dari b.Anglo Normandi humour artinya cairan atau sari pati dari tanaman atau hewan. B.Prancis humor dan b.Latin Umor artinya cairan tubuh. Berhubungan juga dengan umere artinya menjadi basah. Di dalam ilmu Fisiologi, ilmu tubuh, empat cairan tubuh (darah, phlegma, choler dan melancholy atau empedu hitam) menjadi ukuran relatif atas sikap pandang seseorang, dan dianggap mempengaruhi selera akan kelucuan.

hore : ungkapan kegembiraan. Dari kata hurrah yang berasal dari kata huzza yang serupa terdapat di Jerman, Dannis dan Swedia. Mungkin berasal dari Perang Tiga Puluh Tahun. Menurut Moriz Heyne, ini adalah tangis pertempuran dari para prajurit Prusia selama Perang Kemerdekaan (War Liberation 1812-1813). Hooray adalah bentuk lain yang populer.

higienis : bersih dan sehat. Dari b.Inggris hygiene yang berasal dari b.Yunani hygeia artinya dewi kesehatan.



I


israel : bangsa israel. 1. Dari b.Hebron yisra’el artinya dia menantang Tuhan (Kejadian xxxii.28). 2. B.Arab isra’ artinya perjalanan atau suka berjalan-jalan.



J


jambore : pertemuan berkala kepanduan. Dari b.Inggris jamboree. Bentuk pertama barangkali dari b.Inggris Amerika jam artinya selai sedang bentuk keduanya dari b.Prancis bourree artinya sejenis tarian dari desa.

jip : dari kata jeep, nama perusahaan mobil 4x4 pertama yang dibuat oleh orang Amerika untuk Perang Dunia kedua. Disebut dengan General Purpose vehicle (kendaraan untuk umum), disingkat GP, lalu dibaca je-pe dan kemudian menjadi jeep, nama perusahaan itu.

jumbo : ukuran sangat besar. Dari b.Inggris Jumbo, nama seekor gajah di kebun binatang di London, Inggris yang pada bulan Februari 1882 dijual kepada perusahaan pertunjukan sirkus AS, PT Barnum. Kemungkinan diambil dari bahasa Kongo di Afrika untuk gajah, yakni nzamba.



K


kabaret : jenis hiburan panggung berupa tarian dan nyanyian. Dari b.Belanda cambret, oleh b.Francis menjadi camberete, sebelumnya cambre berasal dari chamber yang artinya kamar.

kaki lima : istilah untuk trotoar, pedagang yang berjualan di trotoar. Berasal dari ukuran lebar trotoar sepanjang lima kaki (feet, ukuran Eropa).

kangguru : nama binatang berkantung khas Australia. Dari b.Aborigin di daerah sungai Guugu Yimidhiir gaNurru. Dari surat ahli etnologi W.E. Roth yang menulis surat pada tahun 1898 kepada surat kabar The Australasian bahwa gang-oo-roo memang berarti kangaroo di Guugu Yimidhirr.

karaoke : alat pemutar lagu untuk dinyanyikan langsung. Dari b.Jepang kara artinya kosong dan oke artinya orkestra (o.Jepang mengucapkan orkestra dengan okesutora).

kasino : tempat berjudi. Aslinya bermakna ruangan untuk umum mendengarkan musik dan menari. Dari b.Itali casino, berasal dari casa artinya rumah. B.Latin casa artinya gubuk atau dangau.

kecap : saus berbahan ikan, tomat atau kacang kedelai. Dari b.Melayu kichap, b.China koechiap artinya air asin dari ikan. Catsup (sebelumnya catchup) adalah usaha yang gagal untuk menginggriskan kata ini, karena maknanya menjadi sup kucing, namun masih dipakai di AS.

kedi : pelayan yang membawa stik pegolf. Dari b.Inggris caddy berasal dari b.Melayu kati artinya ukuran berat/beban yang setara dengan 1,5 pound dan dipergunakan Inggris sebagai ukuran standar. Kemudian berubah maknanya menjadi pembawa barang berat.

klakson : terompet pemberi peringatan pada kendaraan. Merupakan nama perusahan pembuatnya yakni Klaxon mungkin berdasarkan b.Yunani klazein artinya meraung mirip dengan b.Latin clangere artinya bergema.

knop : tombol tekan. Dari b.Inggris knob dari b.Skandinavia atau Jerman knobbe artinya bulatan kecil yang diisolasi di sekelilingnya.

Koko : jenis baju muslim. Dari b.Cina Ko-koh artinya kakak laki-laki karena bentuk dasar baju ini meniru baju anak laki-laki dari Cina. Nama lainnya adalah baju takwa, diambil dari kitab suci Alquran yang menyebutkan bahwa sebaik-baiknya pakaian adalah pakaian taqwa. Sedangkan istilah baju palembangan mungkin karena bentuknya seperti pakaian adat di Palembang.

kokpit : ruang kemudi pesawat terbang. Dari b.Inggris cockpit yang arti sebenarnya sebuah lubang yang digali di tanah untuk mengadu ayam.

kondom : sejenis alat kontrasepsi. Diambil dari nama dokter pribadi Raja Charles II dari Inggris, Earl of Condom yang merekomendasikan penggunaan sarung pengaman pada alat kelamin pria sebagai tindakan pencegahan melawan penyebaran penyakit sipilis di paruh kedua abad ke-17.

kongkow : istilah yang berarti duduk bersama teman-teman sambil bersantai. Dari b.Cina kong-kow artinya monyet berkumpul.

kopiah : penutup kepala khas Melayu. Dari penutup kepala khas Arab kafeyah berupa selembar kain lebar yang dililitkan. Nama lain adalah peci. Dari b.Melayu pak cik artinya paman, yang sering menggunakannya. Juga disebut songkok, dari b.Cina chong kwok sebutan orang cina untuk negaranya artinya negara pusat (Tiongkok). Kemungkinan penutup kepala ini mengambil bentuk dasar topi para prajurit kerajaan di Cina.

ketuk : memukul dengan jari yang ditekukkan. Dari b.Cina k’o-t’ou semacam kebiasaan menyentuh tanah dengan dahi (bersujud) untuk menunjukkan rasa hormat atau ketaatan, arti sebenarnya “pukul kepala” dari k'o artinya pukulan atau benturan + t'ou artinya kepala.

kuldesak : pernah menjadi judul film Indonesia (1997). Dari b.Inggris dan Francis cul-de-sac artinya jalan buntu, ditulis pada papan nama jalan yang buntu sebagai peringatan. Berasal dari cul artinya alas atau dasar dan sac artinya tas atau kantung.

kursi : jenis tempat duduk. Kependekan dari b.Sunda cokor di sisi atau kaki di sisi, karena keempat kaki kursi terdapat di bagian sisinya.



L


loreng : berwarna bergaris-garis atau berwarna-warni. Dari b.Inggris colouring atau coloring artinya berwarna.



M


malaria : jenis penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Dari b.Italia malaria artinya penyakit. Berasal dari kata mal artinya buruk dan aria artinya udara, karena dulu malaria berasal dari udara yang rusak karena munculnya gas metana di daerah rawa.

mandarin : sebutan lain untuk cina. Arti sebenarnya adalah pegawai orang Cina. Semula b.Portugal mandarim atau b.Belanda mandorijn untuk mantri orang Melayu. B.Hindi mantri artinya anggota dewan, menteri negara. B.Sansekerta mantrin artinya pembimbing, mantra artinya penasehat. B.Portugal mandar artinya memerintah. Akhirnya digunakan untuk menyebut pegawai Cina dan orang Cina pada umumnya. Dipakai juga untuk menamai jeruk kecil berwarna menyala karena warnanya yang mirip dengan jubah-jubah pegawai Cina.

marijuana : sejenis narkotika. Dari b.Spanyol mariguan dari nama Maria Juana atau dalam b.Inggris Mary Jane.

mayday : istilah permintaan tolong di radio panggil internasional, biasa dipergunakan oleh pelaut dan pilot pesawat udara ketika mengalami bahaya. Dari b.Prancis M’aider dari Venez m’aider artinya mari tolong saya.

mentor : guru atau penasehat. Berasal dari Mentor, teman dari Ulysses raja Yunani dalam cerita Ithica yang membawa Troy dengan kuda dari kayu. Selagi Odyssey pergi berperang, ia memilih Mentor – yang sebenarnya adalah dewi Athena yang menyamar sebagai Mentor – untuk melindungi dan menasehati puteranya, Telemachus sementara dia pergi.

meow : suara kucing, sebutan untuk kucing, si meow. Dari tiruan suara kucing yang kemudian menjadi kata. B.Prancis miaou, b,Jerman miauen, b.Persia maw, b.Jepang nya-nya, b.Arab nau-nau, b.Cina miau, semuanya artinya kucing.



N


narsis : sifat membanggakan diri sendiri. Berasal dari cerita dongeng Yunani tentang seorang laki-laki sangat gagah dan rupawan bernama Narcissus, anak dari dewa sungai Cephissus dan peri Liriope. Semua wanita jatuh cinta kepada Narcissus tapi tidak dihiraukannya. Seorang wanita bernama Echo sampai rela mengejarnya dan menguntit kemana pun Narcissus pergi. Narcissus tetap menolak cinta Echo, sehingga membuat Echo sedih dan lari ke dalam hutan. Melihat kesedihan Echo, Dewi Nemesis berniat memberi pelajaran kepada Narcissus dengan cara menjadikanya jatuh cinta kepada dirinya sendiri. Suatu hari Narcissus melihat bayangannya di sungai Styx dan dia kaget melihat bayangannya sendiri. Dia kaget melihat wajah seseorang yang sangat rupawan dan dia langsung jatuh cinta kepada bayangannya itu. Dia mencoba menciumnya hingga tercebur ke sungai dan tewas. Dewa-dewa menemukan tubuhnya yang hanyut dan mengubahnya menjadi bunga Narcissus.

nota bene : tanda di akhir surat sebagai catatan yang harus diperhatikan, disingkat NB atau N/B. Dari b.Latin nota artinya penyanyi kedua. Berkembang menjadi Notare artinya menandai + bene artinya dengan baik.



O


oblong : jenis baju tanpa kerah dengan bahan kaos. Dari kata bolong atau berlubang, karena pada awalnya dibuat dengan cara dilubangi untuk memasukkan kepala. Disebut oblong – huruf o dipindah ke depan – mungkin untuk membedakan dari sebuatan baju berlubang-lubang (baju bolong). Bahasa Inggrisnya adalah T.Shirt, karena bentuknya seperti huruf T atau merupakan kependekan dari Training Shirt, karena sering digunakan sebagai pakaian latihan pasukan militer.

oke : ungkapan bermakna iya, baiklah atau beres. Dari b.Inggris okay, ok atau o.k. 1. Berasal dari singkatan Orl Korrect, dikemukakan oleh Presiden ke-7 AS Andrew Jackson (1829-1837) namun salah eja seharusnya All Correct. 2. Dari b.Prancis Aux Quais artinya pada atau kepada dermaga. Ini merupakan tanda yang dibubuhkan pada karung-karung berisi kapas sebagai tanda bahwa sudah diproses oleh pihak pelabuhan dan disebur secara cepat okayed. 3. Ungkapan O Killed adalah suatu laporan standar dengan disingkat OK yang dihubungkan dengan waktu malam yang mematikan selama Perang Dunia I (1914-1918). 4. Dari b.Latin Omnes Korrectes artinya semua benar diberikan sebagai tanda di kertas ujian siswa di Eropa. 5. B.Yunani ola kala artinya semua baik-baik saja, b.Finlandia oikea artinya benar, b.Skotlandia och aye artinya ya atau untuk diyakini.

oreo : dikenal di Indonesia sebagi merek dagang biskuit. Sebenarnya merupakan lambang penghinaan kepada orang kulit hitam yang bermental kulit putih di AS. Berasal dari istilah kue yang berwarna coklat gelap dengan krim putih di tengahnya, atau dengan moto coklat di luarnya, putih di dalamnya.



P


piyama : jenis pakaian tidur. Dari B.Inggris pajamas. Pai jamahs artinya celana panjang lepas dengan tali pengikat di pinggang, bisa dikenakan Muslim di India dan diadopsi orang Eropa di sana khusus dikenakan malam hari. Dari b.Hindi pajama atau dari b.Persia paejamah artinya pakaian kaki, dari pae artinya kaki + jamah artinya pakaian.

pantalon : celana panjang ketat. Dari b.Inggris pantaloons, dihubungkan dengan nama peran dari sebuah komedi Italia, Pantaloun (1590) yang selalu mengenakan celana panjang ketat di kaki kurusnya.

papua : nama orang atau suku di pulau sebelah timur Indonesia. Dari b.Melayu papuah artinya yang digoreng.

pelangi : bianglala. Dari b.Melayu belang artinya warna diberi akhiran i menjadi belangi dan berubah pengucapan menjadi pelangi.

palang : pembatas atau penghalang pintu masuk. Dari b.Yunani phalanx dari phalangos artinya “susunan angkatan perang” atau “susunan pasukan tempur”, juga

“tulang jari” atau “jari kaki”. Semula bermakna “potongan kayu bulat atau batang kayu.

pen : sejenis alat tulis menggunakan tinta. Dari b.Latin penna artinya bulu. Di masa lalu pena terbuat dari bulu ayam tua yang diujungnya dicelupkan ke tinta.

permen : kembang gula berasa pedas. Dari nama tanaman obat yang berasa pedas, Peppermint (Mentha piperita) yang merupakan bahan perasa kembang gula ini.

piknik : wisata sambil makan-makan di luar rumah, taman atau pantai. Dari b.Prancis piquenique, barangkali merupakan pengulangan kata piquer yang artinya memungut, takaran, dan elemen kedua mungkin nique artinya hal tidak berharga. Semula mempunyai pengertian makan seadanya untuk membina hubungan sosial modern, tetapi tidak harus diluar rumah.

ping-pong : Pada tahun 1900, Ping-Pong adalah merek dagang dari peralatan tenis meja produksi Parker Brothers. Kedua kata ini merupakan tiruan bunyi yang muncul saat bola dipukul oleh kedua permain secara bergantian, ping … pong.

pioner : orang yang melakukan untuk pertama kali. Dari b.Inggris pioneer yang diambil dari b.Prancis modern pionnier yang artinya prajurit yang mempersiapkan cara untuk pasukannya. Kata ini berasal dari b.Prancis tua paonier artinya prajurit berjalan kaki, yang terbentuk dari kata peon.

pub : kedai minuman sambil mendengarkan musik. Singkatan slang dari kata b.Inggris public house artinya semua bangunan yang terbuka untuk umum. Maknanya kemudian menjadi “kedai yang menyediakan makanan dan minuman keras”. Lalu hanya menjadi kedai minuman.

punk : jenis aliran musik dan gaya hidup. Pada 1596 punk bermakna pelacur, wanita jalang, namun tidak diketahui kata asal atau sumber aslinya. Maknanya kemudian berkembang menjadi “orang yang tidak berharga" (khususnya penjahat muda 1917, kemudian dari punk kid artinya murid penjahat (1904). Pengertian pelacur pada tahun 1596 kemudian bergeser menjadi homoseksual atau gay. Kemudian pada 1923 digunakan secara umum untuk anak laki-laki muda atau orang yang kurang berpengalaman, terutama dalam dunia bisnis. Pada 1930 dikenal dengan punk day, istilah slang dari dunia pertunjukan sirkus artinya hari ketika anak-anak diijinkan bebas. Pada tahun 1971 ketika muncul punk rock, pengertian kemudian bergeser kembali menjadi kriminal muda.



Q


quiz : permainan tebak-tebakan atau pertanyaan-pertanyaan hiburan. Dari b.Latin qui es? artinya siapakah kamu? Maksudnya siapakah namamu? Pertanyaan pertama di dalam ujian lisan di sebuah sekolah dasar di masa lalu.



R


ransum : jatah makanan atau kebutuhan lain. Dari b.Belanda rantsoen dengan arti yang sama. Bukan dari b.Inggris ransom yang artinya tebusan untuk pembebasan narapidana.

rubrik : karangan pada suatu majalah yang bertema khusus. Dari b.Inggris rubric artinya instruksi tertulis atau penjelasan. Dari b.Latin rubrica artinya warna merah jambu yang diadopsi dari b.Romawi yang artinya berbeda , yakni peraturan atau hukum, yang oleh orang Romawi dituliskan dengan tinta merah.

rupiah : nama mata uang RI. Nama mata uang kita ini berasal dari akar kata yang sama dengan mata uang India, Rupee, yakni dari b.Hindi atau Urdu rupiyah, dari b.Sansekerta rupyah artinya perak yang ditempa. Pada awalnya bermakna "sesuatu yang dilengkapi dengan satu gambar, atau koin", yang diambil dari kata rupah yang artinya bentuk, persamaan, gambaran. Kata ini oleh kita menjadi kata rupa atau wajah.



S


safari : perjalanan di alam terbuka. Dari b.Arab safar artinya perjalanan.

salep : obat yang dioleskan. Dari b.Turki salep artinya selai dari ekstrak tanaman obat, yang mengalami perubahan bentuk dari b.Arab thaeleb, kependekan khasyu ath-thaeleb artinya aslinya biji kemaluan rubah, bahan yang dibuat sebagai obat.

salon : tempat menata kecantikan. Dari b.Prancis salon artinya ruang resepsi. B.Itali salone artinya aula besar, dari sala artinya aula. Berubah menjadi ”ruang resepsi untuk wanita Paris”, kemudian “tempat pertemuan orang-orang di dunia fashion”, yakni kata salonniere dari b.Prancis.

sampan : jenis perahu. Dari b.Cina san pan artinya tiga papan, dari san artinya tiga + pan artinya papan.

sandal : alas kaki terbuka. Dari b.Prancis tua sandale, b.Latin sandalium, b.Yunani sandalion, b.Persia sandalon.

sarden : ikan laut dikalengkan. Dari nama pulau Sardo atau Sardinia di sekitar Mediteraniac, tempat ikan jenis ini ditangkap oleh nelayan Yunani yang menyebutnya sarden atau sardines.

saus : campuran bumbu yang dihaluskan. Dari b.Prancis tua sauce, sausse dari b.Latin salsa artinya menyanyi atau salsus artinya digarami. B.Latin tua sallere artinya menggarami, maknanya “menambahkan sesuatu yang menarik atau tajam pada kata-kata atau tindakan”.

senter : jenis lampu yang bisa dibawa-bawa. Dari b.Inggris center artinya pusat atau tengah, dikarenakan cahayanya terpusat di tengah.

sampo : sabun rambut. Dari b.Anglo India shampoo, b.Hindi champo, perubahan dari champna artinya menekan, meremas otot-otot. Mungkin karena mencuci rambut dilakukan dengan meremas-meremas kepala.

sedan : jenis mobil berkursi dan berpintu empat. Dari b.Itali sede artinya kursi. B.Latin sedes yang dihubungkan dengan sedere artinya duduk lama. Mungkin juga ada hubungannya dengan kota Sedan di Prancis. Namun istilah sedan dengan arti “mobil tertutup dengan empat tempat duduk” pertama diperkenalkan di AS pada 1912.

sembahyang : ritual menyembah Tuhan. Dari b.Jawa kuna sembah artinya menghormati, mengabdi, menyatukan + hyang artinya Tuhan.

sepatu : alas kaki tertutup. Dari b.Inggris spat yang dipendekkan dari spatterdash artinya penutup kaki panjang untuk melindungi celana atau kaus kaki dari percikan lumpur.

setel : atur, menyesuaikan. Dari b.Yunani stel artinya papan berdiri, yang dihubungkan dengan stellein artinya untuk membuat dalam urutan, menyusun.

singlet : pakaian dalam tanpa lengan. Dari b.Inggris single artinya tunggal + et.

skor : perhitungan nilai atau jumlah nilai. Dari b.Inggris score, berasal dari b.Inggris tua scoru artinya dua puluh, b.Norwegia skor artinya tanda, perhitungan jumlah, b.Islandia skor artinya dua puluh. Kemungkinan digunakan dalam menghitung jumlah ternak domba dengan hitungan setiap 20, yang kemudian menjadi dasar perhitungan skor pada cabang olah raga seperti tenis dengan 5, 15 dan 30.

skakmat : kemenangan akhir pada permainan catur karena raja terpukul. Dari b.Persia shah mat artinya gelar kehormatan kepada raja, namun disalah mengertikan oleh orang Arab menjadi raja yang mati, B.Arab mat atau maut artinya mati. Oleh b.Francis tua menjadi eschecmat dan oleh b.Inggris chekmat lalu checkmate.

sofa : tempat duduk besar ditutup kain tebal. Dari b.Turki sofa artinya bagian lantai yang lebih tinggi dan ditutup dengan karpet. Atau dari b.Arab suffah artinya bangku panjang untuk berbaring.

sore : waktu sesudah siang dan menjelang malam. Dari b.Prancis soiree artinya pesta siang hari. Dari b.Prancis tua soir artinya siang. B.Latin sero artinya terlambat atau saat yang telat, berasal dari serum artinya waktu akhir, dan serus artinya akhir. Mungkin sesuai dengan istilah dalam bahasa kita kesorean yang berarti sudah terlambat.

spa : tempat terapi kesehatan dengan pijatan, dan ramuan-ramuan. Dari nama sebuah tempat peristirahatan di Belgia, dikenal sejak abad ke-14 bernama Walloon espa yang berarti air mancur musim semi.

supel : ramah, pandai bergaul. Dari b.Prancis tua souple artinya liat, fleksibel. Dari b.Gallo Romawi supples, yang berasal dari b.Latin supplex perubahan dari supplicis artinya bersikap tunduk dengan kerendahan hati memohon. Arti sebenarnya jatuh berlutut, dianggap perubahan dari supplacos artinya dengan kerendahan hati membela, memohon, memenangkan, dari sub artinya di bawah + placare artinya memenangkan, mendamaikan (lihat b.Inggris placate atau b.Indonesia plakat.



T


tablet : jenis bentuk obat berupa tepung dikeraskan. Semula nama merek dagang dari Burroughs, Wellcome and Co., “small tablet of medicine”. Dari b.Prancis tua tablete yang dibentuk dari table artinya papan. Digunakan untuk menjelaskan lapisan mosaik pada batu. Berkembang menjadi tabloid artinya koran dengan ukuran lebih kecil dari kata tablet + akhiran dari b.Yunani –oid dari kata oeides artinya seperti.

tabu : terlarang, pamali. Dari b.Inggris taboo yang diambil dari b.Tonga di kepulauan Polenesia ta-bu artinya suci, yang dibentuk dari ta artinya tanda + bu artinya terutama. B.Proto Polenesia tapu, b.Proto oceania tabu keduanya artinya suci, yang terlarang.

tahu : jenis makanan dari sari kedelai dibekukan. Dari b.Jepang tofu, b.Cina doufu dari kata dou artinya kacang + fu artinya busuk.

tank : mobil perang berlapis baja. Dari b.Gujarat tankh artinya cadangan air di bawah tanah. Merupakan nama kode atau sandi Inggris yang dipergunakan selama Perang Dunia I ketika kendaraan itu sedang dikembangkan, karena bentuknya mirip tangki benzena. Tank semula dikembangkan oleh angkatan laut bukan angkatan darat. Ini bisa dilihat dari istilah pada bagian-bagian di dalamnya, seperti menara kecil (turret), geladak (deck), pintu bawah (hatch) dan sarung (hull).

tart : jenis kue dibakar. Dari b.Prancis tua tarte artinya datar atau rata, jenis kue yang digilas, mungkin perubahan dari dari b.Latin torta artinya bungkal roti tawar.

tasbih : untaian batu atau kayu bulat berbentuk kalung untuk menghitung jumlah bacaan atau kalimat doa. Berasal dari kata tasbih, yakni nama bacaan yang berbunyi subhanallah (bhs.Arab artinya Maha Suci Allah).

tato : gambar pada kulit. Dari b.Inggris tattoo yang diperkenalkan pertama kali di dalam buku karangan Kapten Cook. Berasal dari b.Polenesia, Tahiti atau Samoan tatau dan Marquesan tatu artinya kebocoran, tanda yang dibuat di kulit.

taxi : mobil angkut penumpang. Dari b.Prancis taximetre, b.Jerman taxameter, dari taxi atau taxa artinya tarif + metre atau meter artinya alat pengukur. Kemudian disingkat taxi saja.

teh : jenis minuman yang dibuat dari daun dikeringkan. Dari b.Inggris tea, b.Portugal cha, berasal dari b.Cina dialek Amoy t’e, Mandarin ch’a. Di Cina menjadi kata slang untuk ganja.

teflon : bahan logam pelapis peralatan dapur anti lengket. Trade mark dan paten dipegang oleh du Pont, AS. Berasal dari nama kimia (poly)te(tra)fl(uoroethylene) +akhiran arbitrer –on.

tennis : jenis olahraga dengan raket, net dan bola. Dari b.Anglo Prancis tenetz, b.Prancis tua tenez artinya “tahan, terima, dan ambil!”.

terompah : sandal dari kayu. Kemungkinan dari b.Belanda trompet artinya alat musik tiup berbunyi nyaring untuk mengatur tentara. Mungkin karena suaranya yang nyaring saat digunakan untuk berjalan. Istilah lain adalah kelom, dari b.Belanda klomp atau klompen artiny sandal dari kayu. Sedangkan bakiak dari b.China Konghu (Kanton) khiak artinya sandal dari kayu.

tip : persen, hadiah kecil berupa uang sebagai tanda terimakasih. Aslinya bermakna “teman pencuri yang berbohong” , perubahan dari to tap artinya menyadap.

toilet : kamar kecil tempat mengganti pakaian. Dari b.Prancis toilette artinya pakaian, tas pakaian, dari toile artinya pakaian, jaring.

tomboy : anak perempuan yang kelelakian. Tidak ada hubungannya dengan nama anak laki-laki, yakni Tom, tapi dari b.Anglo Saxon tumbere artinya penari atau pakaian mainan anak-anak. Akar yang sama dari b.Prancis tomber artinya berguling-guling. Mungkin anak perempuan yang suka berguling-guling di tanah seperti anak laki-laki.

topan : angin badai. 1. Dari b.Cina tai-fun artinya angin besar. Dari nama di dalam mitologi Yunani, yakni Typhoon, seorang setan yang jenius.

topi : penutup kepala. Dari b.Prancis toupet artinya helai rambut, rambut di depan kepala, dari b.Prancis tua toupe artinya helai. Kemudian berkembang menjadi top artinya titik tertinggi.

traktor : mobil beroda besar untuk mengeruk tanah. Dari b.Latin modern tractor dari b.Latin trahere artinya mendorong, menggusur.



U


ukulele : alat musik seperti gitar berukuran kecil dengan empat senar. Dari b.Hawaii ukulele dari kata uku artinya kutu dan lele artinya melompat. Yang mempopulerkan gitar kecil tersebut di Hawaii adalah Edward Purvis seorang tentara Inggris, dan orang Hawaii yang memberikan namanya sekaligus menjadikannya alat musik utama dalam musik mereka.

utopia : istilah sebuah tempat, solusi atau situasi yang sempurna namun tidak realistis. Dari b.Yunani utopia artinya tidak dimana pun, dari ou artinya tidak + topia artinya tempat.



V


van : jenis mobil seperti truk yang tertutup. Kependekan dari caravan, gerbong yang ditarik oleh mobil sebagai rumah berjalan. Dari b.Inggris caravan artinya kafilah atau rombongan pengembara.

vandalisme : membuat kerusakan dengan sengaja pada barang-barang, seperti mencoret-coret. Diambil dari Vandals, nama pasukan Jerman yang melintasi daerah selatan Baltic yang terkenal sekitar abad ke-5 sampai awal abad ke-6. Mereka menyerbu Spanyol pada tahun 409, melintas ke Afrika dalam tahun 429, dan di bawah Raja Genseric menghancurkan Roma pada tahun 455, di mana mereka merusakkan monumen-monumen publik.

ventura : usaha penempatan atau investasi dana. Arti sebenarnya “mengambil resiko kehilangan atau kerugian”, kependekan dari aventura yang berasal dari adventura artinya petualangan.

veteran : mantan pejuang atau tentara. Dari b.Prancis veteran artinya prajurit tua, b.Latin veteranus artinya tua, dari vetus artinya tua, wetus artinya tahun. B.Sansekerta vatsa artinya tahun, b.Yunani etos artinya tahun.

video : rekaman gambar. Dari b.Latin video artinya aku lihat. Dari videre artinya untuk melihat, visi artinya penglihatan.

vitamin : jenis zat yang berguna untuk tubuh. Mula-mula vitamin ditemukan pada 1912 oleh ahli biokimia Polandia, Casimir Funk (1884-1967). Dari b.Latin vita artinya hidup +amin, karena diperkirakan berisi asam amino. same time.



W


wafer : jenis kue kering berlapis isi. Dari b.Anglo Prancis wafre, dari b.Prancis tua waufre artinya sarang lebah.

walkie-talkie : alat komunikasi jarak pendek dengan gelombang radio. Diambil dari istilah slang yang populer di masa Perang Dunia II untuk tentara yang suka ngobrol sambil berjalan. Dari walk artinya berjalan + talk artinya berbicara.



Y


yakuza : organisasi kriminal tradisional dari Jepang. Dari b.Jepang artinya delapan-sembilan-tiga (ya, ku, sa), adalah keadaan kalah sehingga harus menyerahkan kartu (baccarat) dalam Oicho-Kabu permainan kartu tradisonal Jepang. Barangkali bermakna “kemalangan” bagi siapa saja yang melawan mereka.

yel-yel : teriakan kemenangan atau slogan. Dari b.Inggris tua (Mercian) gelan artinya menyanyi, giellan (W.Saxon), b.Belanda tua gjalla artinya gema, b.Jerman gellen.

yo-yo : nama permainan anak-anak berupa roda kecil bertali. Diperkirakan berasal dari b.Filipina yang tercatat sebagai merek dagang mainan tersebut di Vancoucer, Kanada, tahun 1932. Mainan ini merupakan mainan tua dikenal dengan nama bandalore di tahun 1824.



Z


zombi : istilah untuk mayat hidup berjalan. Dari b.Kongo (Afrika) zumbi artinya jimat. Mula-mula dari nama dewa ular, Kimbundu nzambi. Kemudian berubah maknanya menjadi mayat yang dihidupkan dalam voodoo atau ilmu sihir Afrika.




Sumber : http://www.etymonline.com/ dan sumber-sumber lainnya

Sumber gambar : http://lingue.altervista.org/images/logo_dictionaries.gif




Tidak ada komentar:

Posting Komentar